;


AKTIVITAS MANUSIA (II)

BAB 1
AKTIVITAS MANUSIA YANG MERUSAK LINGKUNGAN



            Diantara sekian banyak aktivitas manusia yang dilakukan secara langsung dengan alam, dapat kita ketahui juga ternyata manusia juga dapat melakukan perusakan terhadap alam yang menjadi tempat manusia berinteraksi sehari-hari. Di antara aktivitas-aktivitas manusia yang merusak alam tadi juga masih dapat dibagi lagi menjadi tiga, yaitu kegiatan manusia merusak alam dalam kategori ringan, kegiatan manusia merusak alam dalam kategori sedang, dan kegiatan merusak alam dalam kategori berat.
            Dalam bab pertama ini akan dibahas mengenai kegiatan-kegiatan manusia yang merusak alam. Baik yang ringan, sedang, maupun yang berat. Karena perlu diketahui, selama ini masih segelintir orang saja yang menyadari bahayanya perbuatan manusia yang dilakukan kepada alam. Sehingga efeknya baru dirasakan sekarang ini. Oleh karena itu, disini kami akan berusaha menguraikan kegiatan-kegiatan manusia yang merusak serta faktor-faktornya yang mendorong manusia melakukan hal tersebut.

A.      Kegiatan Manusia Merusak Lingkungan Kategori Ringan.
Yang dimaksud kegiatan manusia merusak lingkungan kategori ringan adalah semua kegiatan kecil yang dilakukan manusia dengan sadar atau tanpa sadar telah menyumbangkan sedikit kerusakan pada alam. Dalam arti lain, kegiatan perusakan manusia yang satu ini kadang masih dapat ditolerir oleh manusia yang lain. Oleh karena itu, untuk kegiatan manusia yang satu ini kita juga sering melakukannya. Bahkan secara tidak sadar pasti kita melakukannya.
Sedangkan faktor-faktor yang mendorong manusia melakukan hal tersebut tidak lain dan tak bukan adalah kebiasaan sehari-hari. Mengapa dapat dikatakan demikian?. Dari beberapa penelitian yang dilakukan, kebiasaan manusia yang seringkali tidak hidup dengan bersih dan sehat dapat membawa pengaruh buruk pada kebiasaan yang mereka lakukan. Contoh kegiatan perusakan alam ringan yang dikarenakan oleh kebiasaan antara lain:
1.      Membuang sampah sembarangan
2.      Merokok di tempat umum
3.      Membuang sampah plastik yang tidak dapat diuraikan tanah
4.      Dsb.
Sebenarnya, masih banyak sekali kegiatan-kegiatan manusia yang dianggap sebagai faktor perusak lingkungan ringan. Namun karena hal tersebut merupakan kebiasaan manusia yang sulit sekali untuk dirubah, maka secara tidak sadar, kita semua juga sudah pernah bahkan hingga saat ini masih suka merusak alam walaupun dalam taraf yang ringan.

B.       Kegiatan Manusia Merusak Lingkungan Kategori Sedang
Untuk kegiatan manusia yang satu ini pada zaman sekarang ini sudah bisa dikatakan telah melebihi ambang batas. Mengapa dapat dikatakan demikian? Karena, sesuai dengan definisinya bahwa kegiatan manusia merusak lingkungan kategori ringan dapat diartikan semua kegiatan manusia yang sengaja dilakukan karena kebutuhan manusia itu sendiri meskipun secara sadar atau tidak sadar telah memiliki efek langsung kepada alam. Dari pengertian tersebut dapat kita uraikan bahwa, manusia dalam melakukan perusakan lingkungan dalam kategori ringan disebabkan oleh faktor kebutuhan hidup yang harus dipenuhi. Apabila hal ini tidak dilakukan, maka manusia tidak dapa hidup di dunia ini.
Pada saat ini, menurut para ahli yang telah melakukan penelitian bahwa kegiatan manusia merusak alam yang dianggap sedang ini ternyata telah menyumbangkan sekitar 80% dari seluruh total kerusakan di alam. Hal ini dapat terjadi karena setiap manusia pasti memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Dan setiap manusia melakukan suatu aktivitas dalam pemenuhan kebutuhannya pasti selalu melakukan satu aktivitas yang dapat dinilai sebagai perusakan alam. Dari fakta tersebut, para ahli kemudian membuat daftar ranking urutan dari macam-macam aktvitas manusia yang merusak lingkungan dalam kategori sedang.
Urutan tersebut:
1.      Penggunaan kendaraan bermotor yang berlebihan
2.      Penggunaan Air Conditioner di kantor-kantor
3.      Polusi industri
4.      Penggunaan minyak wangi atau pewangi ruangan
5.      Pembangkit Listrik tenaga Nuklir
6.      Menangkap ikan dengan menggunakan jarring pukat harimau, bahan peledak, maupun racun
7.      Membuang sampah di sungai
8.      Membuang dan membakar sampah plastik
9.      Dsb.
Dari daftar rangking di atas dapat diketahui bahwa penggunaan kendaraan pribadi yang berlebihan telah menjadi penyumbang terbesar kerusakan alam. Namun dapat kita lihat juga, penggunaan parfum atau pewangi ruangan juga menduduki posisi lima besar. Mengapa hal itu dapat terjadi?. Ternyata parfum atau pewangi ruangan yang kita gunakan sebagai salah satu antisipator pencegah bau badan mengandung suatu zat yang apabila terurai di udara dapat melubangi lapisan ozon. Menjadikan sangat berbahaya.
Oleh karena itu, sebagai langkah pencegahan agar kerusakan alam tidak semakin menjadi-jadi ada beberapa cara untuk mengurangi dampak kerusakan alam tersebut.
1.      Pada kendaraan pribadi, cobalah menggunakan biofuel yang ramah lingkungan
2.      Hidupkan AC seperlunya saja dan usahakan jendela, ventilasi, dan pintu di ruangan yang dipasangi AC tertutup rapat. Hal ini dilakukan supaya Freon tidak keluar dari ruangan tersebut.
3.      Pada mesin industri diganti dengan yang menggunakan listrik, selain ramah lingkungan resiko terjadinya ledakan karena bahan bakar juga kecil. Atau alternative lain menggunakan bahan bakar nabati pengganti bahan bakar fosil.
4.      Kurangi penggunaan parfum. Kalau bisa gunakan deodorant saja yang sudah cukup membantu mengurangi efek dari bau keringat. Serta gantilah pewangi ruangan semprot dengan pewangi ruangan padat yang tidak mudah menguap.
5.      Membangun jaringan pembangkit tenaga listrik tenaga air yang lebih besar. Sehingga teknologi nuklir yang lebih besar resiko dari radiasinya tidak usah digunakan.
6.      Menangkap ikan dengan jaring biasa, atau jika dapat dilakukan melakukan penangkaran ikan sendiri di kolam.
7.      Membuat satu lubang besar di tanah sebagai tempat sampah. Apabila sudah penuh dapat ditimbun dan dapat dijadikan pupuk kompos.
8.      Diserahkan kepada pusat pengolahan limbah plastik yang mampu mengolah sampah plastik secara professional.
9.      Dll
Dari uraian di atas, sebenarnya masih banyak lagi langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga alam ini tidak makin rusak karena perbuatan manusia yang merusak alam kategori sedang.

C.       Kegiatan Manusia Merusak Alam Kategori Berat
Untuk yang satu ini, sudah tidak dapat ditolerir lagi oleh alam. Bahkan manusia yang lain juga tidak dapat mentoleransinya lagi. Mengapa hal ini dapat terjadi?. Karena sesuai definisinya bahwa kegiatan manusia merusak alam kategori berat dapat diartikan sebagai semua kegiatan manusia yang dilakukan dengan sengaja karena hanya ingin memperoleh keuntungan pribadi maupun kelompoknya tanpa memperhatikan faktor-faktor lain di sekitarnya. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan manusia yang satu ini semata-mata hanya untuk mencari atau mendapatkan keuntungan pribadi. Sedangkan hal yang lain tidak diperhatikan sama sekali.
Dari sumber-sumber yang kami dapatkan, kegiatan-kegiatan manusia yang merusak alam dan tergolong kategori berat antara lain:
1.      Penggunaan nuklir sebagai bahan peledak.
2.      Pembuangan sampah kimia hasil industri ke laut.
3.      Menebangi hutan
4.      Membuka hutan dengan cara membakar hutan.
5.      Dll
dari contoh-contoh di atas, ada satu yang termasuk pencemaran berat namun hal ini terjadi buka karena mencari keuntungan. Melainkan sebuah kecelakaan. Yang satu tersebut adalah tumpahnya minyak bumi ke laut karena karamnya atau rusaknya kapal tanker pengangkut minyak bumi. Sedangkan yang telah diurutkan di atas merupakan pelanggaran-pelanggaran manusia terhadap alam dan tidak dapat ditolerir lagi.

Dari kategori-kategori di atas, kami juga masih dapat membaginya menjadi beberapa bagian yang merupakan aktivitas manusia merusak alam namun dipandang dari segi masa kini. Dalam arti yang sedang terjadi saat ini. Perusakan-perusakan itu antara lain:
1.        Polusi
Polusi adalah masuk atau dimasukkannya bahan-bahan berupa makhluk hidup beserta bahan yang dihasilkan makhluk hidup, bahan kimia, debu, sedimen, panas, suara, atau radiasi ke dalam lingkungan sehingga kualitas lingkungan tersebut menurun sampai ke tingkat tertentu. Dan hal tersebut mengakibatkan lingkungan menjadi kurang atau tidak berfungsi sesuai dengan peruntukkannya dan berakibat merugikan makhluk hidup penghuni lingkungan tersebut serta terancamnya kelestarian lingkungan tersebut.
Macam-macam bahan polutan yang dihasilkan manusia dan merusak lingkungan:
1.      CO2 (Carbon Dioxyde)
Pembakaran bahan bakar fosil, seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam telah lama dilakukan untuk memenuhi semua kebutuhan manusia. Ketika pembakaran dilakukan, hasil pembakaran yang berupa gas karbon dioksida dilepaskan ke udara. Dari hasil penelitian akhir-akhir ini didapatkan bahwa jumlah gas karbon dioksida di udara telah melesat cepat.
2.      CO (Carbon Monoxyde)
HB manusia memiliki daya ikat yang tinggi terhadap CO daripada O2 yang dibutuhkan manusia. Peningkatan kadar CO dapat menyebakan berkurang kemampuan darah untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh. Dan orang akan menderita defisiensi oksigen.
3.      SO2 (Sulfure Dioxyde)
Sulfur Dioksida dilepaskan ke udara ketika terjadi pembakaran bahan bakar fosil dan peleburan biji logam. Peningkatan konsentrasi Sulfur dioksida di udara dapat menyebabkan terganggunya kesehatan manusia terutama penyakit bronchitis, pneumonia, dan gagal jantung.
4.      NO2 (Nitrogen Dioxyde)
Nitrogen Dioksida ini dapat merusak tumbuhan.
5.      Limbah rumanh tangga
Kita bisa mengetahui jika sehari-hari kita menggunakan air sebagai kebutuhan utama rumah tangga. Jika kita sudah menggunakannya untuk sesuatu kita sering membuangnya begitu saja. Padahal dalam air yang kotor tadi 95-99% mengandung bahan sampah organik.
6.      Limbah Industri
Limbah industry dapat membunuh organisme air. Akan tetapi, beberapa pabrik tidak mampu menetralkan kandungan racun yang teradapat pada limbah mereka. Inilah yang menyebabkan pencemaran air.
7.      Logam berat
Logam berat dapat terakumulasi di dalam tubuh makhluk hidup dan pada konsentrasi tertentu dapat menghambat aktivitas enzim.
2.        Hujan Asam
Hujan asam terjadi karena adanya oksida sulfur dan oksida nitrogen di atmosfer. Senyawa yang berbentuk gas tersebut bereaksi dengan air di udara dan menghasilkan asam yang jatuh ke bumi bersamaan dengan turunnya hujan dan salju. Penyebab utama munculnya oksida nitrogen dan olsida sulfur di atmosfer karena adanya pembakaran bahan bakar fosil yang berlebihan.
Sebenarnya, hujan asam adalah efek samping kedua setelah oksida sulfur dan oksida nitrogen yang berbahaya. Dan celakanya lagi, hal ini terjadi sudah berpuluh-puluh kali bahkan ratusan kali meskipun dengan kadar yang kecil. Walaupun dengan kadar yang kecil, namun asam yang terkandung dalam air huja tersebut sangat merusak. Karena hal ini bisa menyebabkan terlepasnya mineral-mineral tanah yang dikandung dalam tanah. Dalam hal lain, asam juga memiliki pengaruh besar terhadap tumbuhan. Tumbuhan bisa rusak, mati, bahkan hancur.
3.        Senyawa DDT dan Biological Magnification
Manusia telah mengembangkan berbagai macam obat anti hama. Salah satunya adalah DDT (dichloro-diphenyltrichloroethan), yaitu senyawa organik yang mengandung senyawa organic hidrokarbon klorin. Pada mulanya DDT dinilai sangat efektif dalam mematikan hama khusus. Namun, setelah diadakan penelitian khusus, baru diketahui bahwa DDT memiliki dampak negatif yang jauh lebih besar. Diantaranya terjadinya Biological Magnification. Yaitu peristiwa perubahan bentuk tubuh suatu mahkluk hidup karena pewarisan gen-gen induk yang telah terkontaminasi atau rusak yang disebabkan oleh DDT yang masuk ke rantai makanan. Dan sejak saat itu DDT dilarang dipergunakan di Amerika.

            Demikianlah, uraian yang cukup singkat mengenai aktivitas manusia yang berpotensi merusak alam. Jika manusia bisa merusak alam, sudah kewajibannya untuk membenahinya kembali. Oleh karena itu, permasalahan tersebut akan dibahas pada bab 2.




-----***-----






BAB II
AKTIVITAS MANUSIA YANG MEMELIHARA
DAN MELINDUNGI ALAM
DARI KERUSAKAN


           
Sudah lama manusia memanfaatkan alam guna memenuhi seluruh kebutuhannya. Misalnya untuk memperoleh makanan, obat-obatan, dan lain sebagainya. Namun dalam pemanfaatannya, manusia sering kali merusak alam terlebih dahulu untuk mendapatkannya. Dan hal tersebut telah menyebabkan rusaknya alam dan lingkungan. Kerusakan alam disebabkan oleh pemanfaatan yang melebihi daya dukung atau penggunaan alat-alat yang berpotensi merusak.
            Selain menimbulkan kerusakan, aktivitas manusia dapat juga menyebabkan terjadinya perubahan lingkungan. Pembukaan lahan dengan cara membakari hutan telah menyebabkan turunnya kandungan oksigen dan air di daerah tersebut. Begitu juga dengan kehidupan flora dan fauna yang mungkin dapat segera punah karena rumahnya telah hancur karena ulah perbuatan manusia. Sementara itu, berbagai kegiatan manusia terhadap lingkungan alam sekitar terus bertambah seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan. Sedangkan, seringkali lingkungan tidak pernah atau jarang sekali terjamah oleh tangan manusia yang ingin mengembalikannya seperti sedia kala.
            Sebenarnya manusia dapat memanfaatkan lingkungan tanpa menimbulkan kerusakan. Untuk itu diperlukan tindakan manusia yang baik, arif, dan bijaksana dalam mengelola lingkungannya. Mengelola lingkungan merupakan suatu upaya terpadu dalam memanfaatkan, menata, memelihara, mengawasi, mengendalikan, memulihkan, dan mengembangkan lingkungan. Jika manusia mau menghayati dan sekaligus mau menerapkan konsep pengelolaan lingkungan ke dalam kehidupan sehari-hari, maka kita akan mendapatkan lingkungan yang bermutu.
            Pengelolaan lingkungan dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu dengan mencegah terjadinya pencemaran, mengawetkan tanah, dan mengatur tata guna lahan dan air. Cara-cara untuk mencegah pencemaran dan sekaligus menciptakan keserasian lingkungan dapat dilakukan oleh pemerintah maupun individu. Ada tiga prinsip dasar  yang dapat dilakukan untuk menjaga lingkungan. Yaitu:
1.      Penanggulangan secara Administratif
Dalam hal ini pemerintah mengeluarkan kebijakan-kebijakan untuk mencegah pencemaran dan eksploitasi sumber daya alam secara besar-besaran. Kebijakan-kebijakan itu antara lain:
a.       Pelarangan pembuangan limbah oleh industri ke lingkungan sebelum diolah terlebih dahulu untuk dinetralkan.
b.      Setiap industri harus memiliki instalalasi pengolahan limbah cair sendiri.
c.       Pambangunan pabrik harus jauh dari pemukiman warga.
d.      Dsb
2.      Penanggulangan secara Teknologis
Penanggulangan secara teknologis adalah pembaharuan alat dan teknologi yang digunakan dalam pengolahan limbah baik cair maupun padat ataupun gas sebelum dibuang ke alam.
3.      Penanggulangan secara Edukatif.
Kegiatan yang dilakukan diantaranya adalah mengadakan penyuluhan kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran mereka dalam menjaga kelestarian lingkungannya.

Dalam usaha-usaha menjaga dan mencegah kerusakan alam dan lingkungannya lebih lanjut, kita masih dapat melakukan berbagai kegiatan; diantaranya adalah sebagai berikut:
1.      Menghindari terjadinya erosi.
Cara menghindari erosi yaitu:
a.       Membuat sengkedan tanah pertanian pada lahan yang miring.
b.      Melakukan reboisasi atau penghijauan kembali pada hutan-hutan yang gundul.
2.      Mengembalikan kesuburan tanah.
Ada beberapa cara yang sering dilakukan dalam mengembalikan kesuburan tanah. Yaitu:
a.       Pemupukan, yaitu member zat hara yang dibutuhkan oleh tanaman.
b.      Rotasi tanaman, yaitu menanami lahan pertanian dengan jenis tanaman yang berbeda secara bergantian.
c.       Penghijauan, yaitu tindakan menanam pohon.
3.      Mengatur tata guna lahan dan air
Penggunaan lahan untuk berbagai keperluan, seperti untuk pertanian, pemukiman, dan industri, harus tertib penempatannya. Sebab, penggunaan yang tidak tepat dapat mengancacm kelestarian sumber air yang diperlukan oleh semua makhluk hidup. Kelestarian sumber air erat hubungannya dengan kelestarian tanah dan hutan. Kerusakan hutan dapat menyebabkan menurunnya kuantitas dan kualitas air.
4.      Daur ulang limbah
Salah satu upaya untuk mengurangi sampah yang menumpuk di tempat pembuangan sampah adalah dengan cara mendaur ulang sampah (recycling). Daur ulang adalah penggunaan kembali material atau barang yang sudah tidak digunakan untuk menjadi produk lain.
Tujuan daur ulang:
a.       Menghidari pencemaran atau kerusakan lingkungan.
b.      Melestarikan kehidupan makhluk hidup yang terdapat di suatu lingkungan tertentu.
c.       Menjaga keseimbangan ekosistem makhluk hidup yang terdapat dalam lingkungan.
d.      Mengurangi sampah anorganik, karena sampah anorganik ada yang mampu bertahan hingga 300 tahun ke depan.
e.       Mendapatkan tambahan pengahasilan. Hasil pengolahan sampah tersebut pada akhirnya dapat dijual kembali dengan harga yang pantas.
Macam-macam limbah yang dapat didaur ulang:
a.       Kertas; semua jenis kertas dapat didaur ulang, seperti kertas Koran dan kardus.
b.      Gelas;
Botol kecap, botol sirup, dan gelas atau piring pecah dapat didaur ulang kembali menjadi botol, gelas, atau piring yang baru.
c.       Aluminium;
Kaleng bekas makanan atau minuman dapat dimanfaatkan kembali sebagai kaleng pengemas.
d.      Baja;
Baja sisa konstruksi bangunan akan berguna sekali sebagai bahan baku pembuatan baja baru.
e.       Plastik;
Limbah plastik dapat dilarutkan dan diroses kembali menjadi bahan pembungkus untuk berbagai keperluan.

            Dengan demikian, masih banyak kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan manusia dalam menjaga kelestarian lingkungan. Namun, tetap pada intinya yakni pemanfaatan alam secara baik, arif, dan bijaksana serta disesuaikan dengan kebutuhannya. Jangan hanya memanfaatkan namun tidak mau mengembalikannya.
            Demikianlah makalah tentang aktivitas manusia yang merusak dan melestarikan alam. Semoga makalah yang singkat ini dapat dijadikan acuan dan wacana dalam pelestarian lingkungan ke depan. Terima Kasih.





-----***-----

2 komentar:

  1. Keren Gan artikel'a . . .

    sering" update yang ginian . . .

    makasih udah bantu saya . . .

    BalasHapus
  2. Play Casino Games in NJ
    Find the best NJ online 부천 출장샵 casino with free online 여주 출장샵 casino 광양 출장샵 games 청주 출장샵 of games from the famous NetEnt, NetEnt, and others, 통영 출장샵 with titles that will keep you hooked

    BalasHapus